Minggu, 01 Agustus 2021|Jakarta, Indonesia

Lembaga Investasi Besutan Jokowi Ini Bikin Geleng-geleng! Belum Punya Bos dan Baru Januari 2021 Terbentuk Sudah Raih Dana Rp113 Triliun

Candra Mata

Minggu, 20 Desember 2020 - 17:56 WIB

Ilustrasi Uang (ist)
Ilustrasi Uang (ist)
A A A

Thepresidentpost.id - Lembaga Pengelola Investasi (LPI) besutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang betujuan mengelola dana asing untuk pembangunan sejumlah proyek strategis nasional akan resmi terbentuk pada Januari mendatang. 

"Kita harap organisasi ini akan jadi, semua sama manusianya juga di bulan Januari ," ucap Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui keterangannya kepada media beberapa waktu lalu di Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut Luhut, meski belum resmi terbentuk, namun rancangan peraturan pemerintah atau RPP terkait keberadaan LPI tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi pekan lalu. 

"Secara organisasi sudah mulai terbentuk," jelasnya.

Saat ini, menurut Luhut, pemerintah juga sedang mencari SDM untuk menjadi bos di LPI.

"Kita lagi nyari manusia yang jadi awaknya. Kita mesti cari dia orang independen, yang orang market," ungkapnya.

Meski demikian, lembaga ini tercatat telah berhasil meraih komitemen investasi senilai Tp113 triliun yang berasal dari tiga negara yaitu Amerika Serikat (AS), Jepang dan Kanada.

Menurut Luhut, AS akan masuk melalui lembaga International Development Finance Corporation (IDFC), dan telah menandatangani kesepatan investasi senilai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28,2 triliun.

Kedua ialah Jepang melalui Japan Bank of International Cooperation (JBIC) yang akan menggelontorkan dana sebesar US$ 4 miliar atau sekitar Rp 56,4 triliun.

Lalu ketiga adalah Kanada yang juga sudah berkomitmen berinvestasi sekitar Rp 28,2 triliun ke LPI.

"Sovereign Wealth Fund kita kemarin nambah lagi dapat US$ 2 miliar dari Kanada, mereka kasih komitmen," tandas Luhut.

Komentar

Berita Lainnya

Bisnis 17/02/2021 23:00 WIB

Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis, Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

Gelaran pameran tersebut merupakan upaya perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang juga terdampak sangat serius oleh pandemi Covid-19.

Pemerintah 17/02/2021 22:30 WIB

Cegah Covid-19, Peruri Gelar Swab Antigen kepada Lebih dari 2.300 Karyawan

Tes swab antigen ini merupakan tahap pertama dari beberapa tahap tes yang akan dilakukan Peruri guna mengidentifikasi Covid-19 di lingkungan perusahaan secara keseluruhan.

Industri 17/02/2021 11:15 WIB

Jababeka Berikan Bantuan Sejumlah Peralatan Penunjang Posyandu di Cikarang Utara

Dalam kondisi pandemi ini akhirnya Posyandu beradaptasi agar bisa tetap memberikan layanan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Pemerintah 30/01/2021 15:15 WIB

Dukung Pelestarian Alam, KAI Lakukan Penghijauan Dengan Tanam 18.000 Pohon

Diharapkan dengan adanya bantuan program rehabilitasi lingkungan ini dapat mengembalikan kualitas lingkungan kawasan lereng gunung agar lebih hijau.

Pariwisata 30/01/2021 14:15 WIB

Dirut PT TWC Hadir Raker Bersama Menteri BUMN dan Menparekraf, Ini Pembahasannya..

Pengembangan wisata di Borobudur, menurut Menparekraf juga akan menyasar warga secara langsung, baik pengembangan UMKM yang ada di sekitar maupun juga destinasi serta paket wisata di sekitar Borobudur.