Kamis, 25 April 2024|Jakarta, Indonesia

Luar Biasa Gercep! Belum Genap Sebulan Jabat Menparekraf, Sandiaga Uno Bakal Pangkas Proses Perizinan PIRT

Ridwan

Senin, 11 Januari 2021 - 10:05 WIB

Menparekraf Sandiaga Solehudin Uno
Menparekraf Sandiaga Solehudin Uno
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno berkomitmen memangkas proses perizinan bagi pelaku usaha UMKM di sektor pariwisata yang merasa kesulitan mengurus perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke kawasan pariwisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sulitnya mengurus perizinan PIRT ini dirasakan oleh para pelaku UMKM, salah satunya di kawasan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Di sela - sela kunjungan, Sandiaga Uno berdialog dengan pelaku UMKM. Sandiaga mengatakan akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proses perizinan yang memakan waktu lama bisa dipangkas.

"Tentunya kita akan berpihak pada ekonomi rakyat, pada UMKM yang ada dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkaitan dengan perizinan, regulasi, kita akan pangkas regulasinya," kata Sandiaga Uno, Minggu (10/1/2021).

Menurut Menparekraf, langkah pemangkasan regulasi yang bertele - tele menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Selain itu, masalah perizinan juga menjadi fokus utama Sandiaga saat dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Ketika saya menjabat sebagai Wagub DKI, masalah perizinan memang jadi prioritas. Saya mengikuti langkah pak Jokowi bahwa proses perizinan harus sederhana dan mudah untuk diakses masyarakat karena dampaknya akan mempercepat perputaran ekonomi," terangnya.

Tak hanya memangkas tumpang tindih regulasi, Sandiaga mengatakan pihaknya juga akan memberikan berbagai insentif bagi para pelaku industri pariwisata dan ekonmi kreatif agar bangkit.

"Kita akan berikan insentif agar mereka bertahan. Bukan hanya bertahan tapi mereka menyiapkan diri agar pasca pandemi usaha mikro kecil menengah ini dapat menangkap untuk menjadi pemenang," tutur Sandiaga.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.