Jumat, 26 April 2024|Jakarta, Indonesia

Asyiik...Pemerintah Segera Bangun Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Sepanjang 142 Km

Hariyanto

Kamis, 14 Januari 2021 - 11:08 WIB

Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Foto: IST)
Ilustrasi pembangunan rel kereta. (Foto: IST)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Pemerintah akan mulai pembangunan jalur Kereta Api (KA) Makassar - Parepare pada Januari 2021. Proyek ini juga di rencanakan dapat beroperasi mulai tahun ini dengan rute Palanro - Tanete Rilau dan Garongkong - Tonasa.

Jalur KA Makassar - Parepare akan dibangun sejauh 142 kilometer dengan 16 unit stasiun. Terdapat dua jenis KA yang dioperasikan pada rute ini, yakni kereta api penumpang (perintis) dan kereta api barang. 

KA Penumpang akan menjadi pilihan moda transportasi bagi masyarakat yang juga mendukung pengembangan potensi wisata di daerah Rammang - Rammang dan Bantimurung. Kedua, KA Barang sebagai alternatif baru untuk menunjang angkutan logistik dan kawasan industri di sepanjang koridor jalur KA, serta mengintegrasikan dengan pelabuhan laut.

“Selama ini kami berkoordinasi secara intensif dengan BPN dan LMAN tentang pembangunan jalur kereta api Makassar - Parepare. Perkembangan di setiap wilayah ini berbeda - beda, termasuk di Segmen 3, karena masing - masingnya memiliki tantangan dan kendala tersendiri”, ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Jalur Kereta Api (KA) Makassar - Parepare, Rabu (13/1/2021).

Jumardi mengatakan, apabila ada permasalahan saat pembangunan pun harus diselesaikan secara persuasif dan tanpa paksaan, terlebih ketika menyangkut soal lahan. Dalam rangka menghadapi pengadaan lahan, diperlukan peran aktif dari pemerintah daerah. 

Strategi yang dimaksud mencakup memberi imbauan kepada pihak terkait untuk segera mencairkan uang ganti rugi (UGR) yang telah disalurkan kepada pengadilan, melaksanakan sosialisasi yang masif kepada masyarakat, serta membantu Pelayanan Perizinan Terpadu (P2T) dalam memenuhi kelengkapan dokumen identitas pihak yang berhak untuk persyaratan konsinyasi ke pengadilan.

Nantinya, pembangunan Segmen 3 meliputi wilayah Pangkep dan Maros, yakni sekitar 60 kilometer. Di Pangkep, progress konstruksinya sudah 67,74 persen, sedangkan di Maros 48,01%. Ditargetkan pada Agustus 2021, pembangunan jalur KA di Pangkep sudah selesai dan pembangunan jalur KA di Maros selesai pada November 2021. Setelah itu, akan dilakukan pengujian pada jalur KA Makassar - Parepare hingga akhirnya dapat digunakan oleh publik.

Selain itu, Segmen 1 dan 2 akan mulai dioperasikan pada bulan Mei. “Bulan April nanti akan ada satu ruas yang selesai pengujian. Oleh karena itu, kita perlu percepatan ketersediaan lahan di Segmen 3 karena anggarannya sudah ada dan pembangunan ruas selanjutnya dapat cepat terselesaikan,” ungkap Kepala Bidang Infrastruktur Konektivitas Antar Moda Balkis Kusumawati.

Pembangunan jalur KA Makassar - Parepare ini di klaim memiliki peran penting bagi perekonomian nasional. Hal ini didasari oleh beberapa faktor. Pertama, proyek ini mampu memberikan peningkatan produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp2,51 triliun, dengan internal rate of return (IRR) sebesar 22,98% bagi perekonomian di Sulawesi Selatan.

Kedua, proyek ini diperkirakan akan memberdayakan 6.164 tenaga kerja. Ketiga, dengan dibangunnya jalur kereta api Makassar - Parepare, maka waktu tempuh antarkedua kota dapat dipersingkat hingga dua kali lipat, dari 3 jam menjadi hanya 1,5 jam. 

Keempat, kereta api ini memiliki potensi angkutan yang besar, baik angkutan penumpang maupun barang. Kelima, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang beroperasi di sejumlah stasiun yang diharapkan dapat memperoleh dampak positif.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.