Minggu, 01 Agustus 2021|Jakarta, Indonesia

Sandiaga Uno: Waktu Saya Diminta Bersihkan Toilet oleh Pak Luhut, Saya Merasa Terhormat....

Candra Mata

Jumat, 15 Januari 2021 - 10:00 WIB

Sandi Unggah Potret Bareng Luhut di Bali
Sandi Unggah Potret Bareng Luhut di Bali
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno angkat suara soal tugas membereskan masalah kebersihan toilet/WC di lokasi - lokasi destinasi wisata di Tanah Air.

Menurutnya, tugas dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tersebut merupakan sebuah tugas terhormat.

"Waktu saya diminta bersihkan toilet oleh Pak Luhut, saya merasa terhormat karena bahwa ya percuma kita punya destinasi berkualitas, tapi toilet tidak berkualitas," kata Sandiaga seperti dikutip redaksi Thepresidentpost.id dari laman Tempo.co pada Jumat (14/1/2021).

Dikatakannya, bukan rahasia umum bila masih terdapat toilet/WC yang jorok tak laik disejumlah lokasi wisata.

Kondisi toilet buruk tersebut, menurut Sandi memberikan pengalaman buruk bagi wisatawan, terutama wisatawan asing. 

Untuk itu, Ia berencana merevitalisasi toilet di beberapa destinasi, khususnya destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Danau Toba. 

"Kita akan jalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI). Nantinya toilet didesain dan fasilitasnya baik, sehingga akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisata," pungkasnya.

Sebelumnya pada (8/1/2021), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meningkatkan 5 destinasi wisata prioritas. 

Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. 

Luhut juga meminta Sandi untuk memperbaiki hal kecil seperti kualitas toilet - toilet pada destinasi wisata prioritas tersebut.

Menurutnya, jangan sampai wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut," ujar Luhut.

"Soal - soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," tegasnya

Komentar

Berita Lainnya

Bisnis 17/02/2021 23:00 WIB

Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis, Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

Gelaran pameran tersebut merupakan upaya perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang juga terdampak sangat serius oleh pandemi Covid-19.

Pemerintah 17/02/2021 22:30 WIB

Cegah Covid-19, Peruri Gelar Swab Antigen kepada Lebih dari 2.300 Karyawan

Tes swab antigen ini merupakan tahap pertama dari beberapa tahap tes yang akan dilakukan Peruri guna mengidentifikasi Covid-19 di lingkungan perusahaan secara keseluruhan.

Industri 17/02/2021 11:15 WIB

Jababeka Berikan Bantuan Sejumlah Peralatan Penunjang Posyandu di Cikarang Utara

Dalam kondisi pandemi ini akhirnya Posyandu beradaptasi agar bisa tetap memberikan layanan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Pemerintah 30/01/2021 15:15 WIB

Dukung Pelestarian Alam, KAI Lakukan Penghijauan Dengan Tanam 18.000 Pohon

Diharapkan dengan adanya bantuan program rehabilitasi lingkungan ini dapat mengembalikan kualitas lingkungan kawasan lereng gunung agar lebih hijau.

Pemerintah 30/01/2021 13:15 WIB

Bidik Pasar Internasional, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Kemlu

Nota Kesepahaman ditujukan untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi antara Kemlu dan Pertamina, serta memberi landasan kuat untuk kerja sama ke depan.