Sabtu, 18 September 2021|Jakarta, Indonesia

Mekari Chat Permudah Komuknikai Bisnis

Herry Barus

Minggu, 17 Januari 2021 - 16:00 WIB

Mekari Chat
Mekari Chat
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Pembaruan kebijakan data privasi pengguna yang dilakukan oleh aplikasi perpesanan WhatsApp menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya, dengan menyetujui kebijakan terbaru tersebut maka WhatsApp akan membagikan data pengguna pada Facebook sebagai perusahaan induk. Adapun perubahan kebijakan privasinya antara lain bagaimana perusahaan memproses data pengguna, bagaimana bisnis dapat mengakses layanan Facebook untuk menyimpan dan mengelola obrolan WhatsApp, juga integrasi WhatsApp dengan produk Facebook lainnya.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga membagikan nomor telepon, data transaksi, informasi terkait layanan, informasi interaksi, informasi perangkat seluler, alamat IP dan informasi lainnya dengan Facebook. Pun dalam penggunaan WhatsApp Business, pengguna tidak bisa memastikan datanya aman karena ada kemungkinan pihak ketiga bisa mengakses data tersebut.

Kebijakan yang akan berlaku mulai 8 Februari 2021 ini tentu saja mengkhawatirkan pengguna, khususnya yang menggunakan WhatsApp sebagai platform komunikasi utama dalam mengelola bisnis. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyampaikan pada media bahwa pihaknya telah memanggil WhatsApp & Facebook terkait hal tersebut pada Senin (11/1) dan akan mengeluarkan kebijakan lanjutan. Namun, beliau juga menghimbau agar masyarakat lebih bijak memilih media sosial yang mampu memberikan perlindungan data pribadi dan privasi yang optimal agar terhindar dari penyalahgunaan data atau yang tidak sesuai aturan.

Standie Nagadi, VP Marketing Mekari menjelaskan bahwa, “Kebutuhan komunikasi Memastikan keamanan komunikasi dalam bisnis, khususnya di masa sekarang dimana komunikasi dan kolaborasi dilakukan jarak jauh, menjadi hal yang sangat krusial. Bisnis perlu memilih platform komunikasi yang digunakan secara bijak untuk memastikan keamanan data percakapan atau dokumen penting tidak didistribusikan atau disalahgunakan pihak lain.

dalam bisnis menjadi lebih kompleks dan intens dengan kondisi saat ini. Sayangnya, penggunaan aplikasi perpesanan personal bukan opsi ideal. Penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan keamanan data dan memisahkan antara chat personal dengan profesional untuk meminimalisir human error serta mendorong produktivitas kerja. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah menggunakan aplikasi perpesanan yang khusus didesain untuk bisnis seperti Mekari Chat.”

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) untuk bisnis UKM & mid - enterprise menghadirkan produk terbarunya Mekari Chat, sebuah aplikasi chat untuk bisnis yang aman, private, dan terintegrasi dengan human resources information system (HRIS) Talenta. Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan bisnis jika menggunakan aplikasi Mekari Chat antara lain:

1.            Jaminan Keamanan Data

Didukung dengan sertifikasi ISO 27001, Mekari Chat memastikan keamanan informasi data pribadi, percakapan, ataupun dokumen terkait bisnis. Seluruh data akan tersimpan dan terenkripsi di database milik perusahaan, serta tidak akan dibagikan kepada pihak lain. Jika ada karyawan yang resign pun, secara otomatis tidak lagi dapat mengakses Mekari Chat.

2.            Alur Komunikasi yang Lengkap dan Jelas

Mekari Chat menghadirkan beberapa pilihan channel seperti private chat, private group chat, public group, hingga announcement sesuai dengan kebutuhan informasi yang ingin disampaikan. Hal ini membuat alur komunikasi dalam bisnis lebih terpusat dan terstruktur dengan baik.

3.            Mendukung Kolaborasi dan Produktivitas Kerja

Untuk mendukung kolaborasi kerja, Mekari Chat memungkinkan pengguna membagikan file dalam bentuk dokumen, foto, atau video kepada rekan kerja secara personal atau melalui grup yang langsung tersimpan di cloud. Pengguna juga bisa mencari jejak obrolan atau file terdahulu melalui fitur pencarian yang komprehensif. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur notifikasi pesan sehingga bisa bekerja dengan fokus dan lebih produktif.

4.            Terintegrasi Dengan Human Resources Information System (HRIS) Talenta

Melalui integrasi dengan HRIS Talenta, pengguna Mekari Chat tidak perlu lagi repot memasukkan daftar kontak rekan kerja karena otomatis terupdate sesuai dengan database karyawan dan dapat dikontak langsung. Integrasi ini juga memudahkan proses administratif HR seperti pengajuan kehadiran, cuti, on & off boarding, dan lainnya langsung melalui chat.

“Dengan menggunakan Mekari Chat, bisnis memiliki hak penuh pada kepemilikan setiap data percakapan ataupun dokumen setiap karyawan. Sehingga kami bisa menjamin keamanan data bisnis dari setiap pengguna Mekari Chat tidak disalahgunakan. Pengguna pun bisa bekerja dengan lebih produktif dan minim distraksi karena chat personal dan pekerjaan tidak lagi tercampur dalam satu aplikasi,” tambah Standie.

Untuk saat ini, Mekari Chat sudah dapat diakses melalui smartphone dengan sistem operasi Android ataupun iOS, juga melalui desktop dengan mengakses messenger.mekari.com. Namun, pengguna harus berlangganan Talenta, software HRIS berbasis cloud, terlebih dulu sebelum bisa log in ke aplikasi Mekari Chat

Komentar

Berita Lainnya

Bisnis 17/02/2021 23:00 WIB

Mendorong Perluasan Akses dan Kemitraan Bisnis, Kementerian BUMN Gelar “PaDi UMKM Virtual Expo 2021”

Gelaran pameran tersebut merupakan upaya perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang juga terdampak sangat serius oleh pandemi Covid-19.

Pemerintah 17/02/2021 22:30 WIB

Cegah Covid-19, Peruri Gelar Swab Antigen kepada Lebih dari 2.300 Karyawan

Tes swab antigen ini merupakan tahap pertama dari beberapa tahap tes yang akan dilakukan Peruri guna mengidentifikasi Covid-19 di lingkungan perusahaan secara keseluruhan.

Pemerintah 30/01/2021 15:15 WIB

Dukung Pelestarian Alam, KAI Lakukan Penghijauan Dengan Tanam 18.000 Pohon

Diharapkan dengan adanya bantuan program rehabilitasi lingkungan ini dapat mengembalikan kualitas lingkungan kawasan lereng gunung agar lebih hijau.

Pariwisata 30/01/2021 14:15 WIB

Dirut PT TWC Hadir Raker Bersama Menteri BUMN dan Menparekraf, Ini Pembahasannya..

Pengembangan wisata di Borobudur, menurut Menparekraf juga akan menyasar warga secara langsung, baik pengembangan UMKM yang ada di sekitar maupun juga destinasi serta paket wisata di sekitar Borobudur.

Pemerintah 30/01/2021 13:15 WIB

Bidik Pasar Internasional, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Kemlu

Nota Kesepahaman ditujukan untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi antara Kemlu dan Pertamina, serta memberi landasan kuat untuk kerja sama ke depan.