Selasa, 17 September 2024|Jakarta, Indonesia

Pelabuhan Patimban Subang Selesai Tahun Depan

Herry Barus

Senin, 02 November 2020 - 09:30 WIB

Pelabuhan Patimban
Pelabuhan Patimban
A A A

Thepresidentpost.id - Subang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali meninjau pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Dia mengatakan, pelabuhan terebut diproyeksikan beroperasi pada akhir November 2020 mendatang.

“Ini peninjauan yang terakhir, sebelum nanti kami soft opening. Insyaa Allah minggu ketiga November nanti, tahap pertama sudah selesai pembangunan pertama, dan operasional terbatas,” kata Budi di Subang, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020).

Budi mengungkapkan, untuk tahap pertama yang akan dioperasikan adalah objek fisik direncanakan sudah siap.

"Terminal peti kemas sepanjang 150 meter. Lapangan peti kemas seluas 35 hektare, dengan kapasitas 250.000 TEUs (twenty - foot equivalent unit), dan terminal kendaraan 300 meter dengan kapasitas 218.000 CBU," kata Budi, seperti dilansir RRI.

Tidak sampai di situ, dia juga menyebut rencana lain.

“Nanti akan menangani terminal kendaraan, serta otomotif dan bongkar - muat peti kemas,” kata Budi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo menyatakan, pada tahap satu ini, uji sandar kapal sudah dilakukan pada awal minggu lalu.

"Dan saat ini tahap sedang berproses adalah pembuatan akses jalan, agar pelabuhan dapat segera beroperasi," kata Agus.

Dermaga, kata Agus, Tahap I sudah melakukan uji sandar kapal sejak awal minggu ini dan hasilnya sudah cukup memuaskan.

"Sekarang kami sedang melakukan persiapan untuk jalan akses, sehingga nanti di minggu ketiga November, Pelabuhan Patimban Tahap I sudah siap untuk beroperasi,” ujar Agus.

Pengembangan kawasan Pelabuhan Patimbandiupayaan dapat mendorong roda perekonomian masyarakat sekitar. 

“Adanya pengembangan kawasan Patimban, diharapkan dapat mendorong roda perekonomian baru di daerah Rebana (Cirebon, Subang, Majalengka). Yang saat ini sudah ditopang infrastruktur pendukung, seperti Bandara Kertajati, dan akses jalan Tol. Selain itu, pelabuhan ini juga akan mengintegrasikan kawasan ekonomi existing, seperti Bekasi Timur, Karawang, dan Purwakarta,” ucap Agus.

Pelabuhan Patimban, lanjut Agus, adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"(Pelabuhan Patimban, red) berada di area seluas 369 hektare, dan backup area mencapai 356 hektare, dengan biaya investasi total hingga mencapai Rp43.2 triliun," kata dia.

"Untuk tahap satu sudah dilakukan sebesar Rp14 triliun, yang dananya berasal dari APBN, dan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA)".

Agus juga mengatakan, tahap lanjutan dari pengembangan pelabuhan ini akan dilakukan pada tahun 2023 dengan nilai investasi Rp9.5 triliun. 

"Pelabuhan ini nantinya akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Untuk pembangunannya saja pemerintah menyediakan anggaran tidak kurang dari Rp60 triliun, dari awal pembangunan hingga selesainya pembangunan," kata Agus

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.