Kamis, 19 September 2024|Jakarta, Indonesia

Siap-Siap! 440 Ribu Nakes dan 23 Ribu Vaksinator Bakal Disebar ke Daerah untuk Vaksinasi Covid-19

Candra Mata

Jumat, 18 Desember 2020 - 06:58 WIB

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)
Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Upaya Pemerintah dalam menyiapkan vaksin COVID - 19 terus dilakukan. Selain mempersiapkan penyediaan vaksin COVID - 19 dengan melewati tahapan - tahapan pengujian klinik, hingga proses dikeluarkannya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Selain Vaksin, kesiapan tenaga kesehatan juga terus dilakukan Pemerintah, dimana tercatat 440.000 tenaga kesehatan dan 23.000 vaksinator terus mempersiapkan diri untuk pelaksanaan vaksinasi COVID - 19 hingga ke seluruh daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Oscar Primadi MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan dalam keterangannya seperti dikutip redaksi Thepresidentpost.id pada Jumat (18/12).

“Data sampai dengan 5 Desember, sudah dilakukan pelatihan sebanyak 12.408 orang untuk 21 provinsi. Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator ini telah dilangsungkan untuk 29.635 orang dari 34 provinsi. Artinya, semuanya berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan - kesiapan itu kita jaga dari sisi jumlah, proporsional dari semua provinsi akan tercakup” ujarnya.

Selain proses pemberian vaksinasi, menurut Oscar upaya yang tak kalah penting ialah mengedukasi masyarakat di daerah sebelum program vaksinasi berjalan. 

“Kita menginginkan bahwa masyarakat itu paham tentang pentingnya vaksinasi ini. Pemahaman kita tentang kehalalan juga sudah kita upayakan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal yang ketiga adalah, efektivitas vaksin tersebut juga harus dikomunikasikan dengan benar. Namun, yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengkomunikasikan kepada masyarakat agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik, itu adalah cara paling ampuh untuk melindungi masyarakat”, jelas Oscar Primadi.

Adapun upaya melakukan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap, menurut Oscar tak bisa serentak, hal itu dikarenakan vaksinansi di sejumlah daerah akan memiliki tantangan yang berbeda - beda.

“Indonesia ini besar sekali, dari sisi keterjangkauan kita masih menemukan kendala geografis sebagai persoalan, sehingga tenaga kesehatan dan vaksinator kita kadang - kadang mempunyai sebuah usaha yang luar biasa untuk menjangkau daerah ini,” pungkasnya.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…