Selasa, 17 September 2024|Jakarta, Indonesia

Anies Baswedan Unggah Potret Kenangan Semasa Kuliah, Warganet Heboh: Angkatan 89? UGM Pasti Bangga...

Candra Mata

Sabtu, 19 Desember 2020 - 18:19 WIB

Foto Kenangan Anies Baswedan semasa kuliah di UGM
Foto Kenangan Anies Baswedan semasa kuliah di UGM
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjadi perbincangan dimedia sosial lantaran dirinya mengunggah berbagai potret kenangan semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. 

"Pagi ini muncul notifikasi: Dies Natalis UGM. Memori berputar, mengulang rekaman - rekaman kenangan masa kuliah dan masa belajar di Jogja," tulis Anies di akun media sosialnya Sabtu (19/12).

Dikisahkan Anies, sedari kecil ia sudah sering bermain di kampus UGM lantaran rumahnya yang berada di Karangwuni dekat dengan kampus hanya berjarak setengah kilometer dari Gedung Pusat UGM. 

"Dimasa kecilnya, dirinya bermain di kampus. Bagi kebanyakan kita, gedung pusat UGM, Gelanggang Mahasiswa atau kampus UGM, mengingatkan masa kuliah. Tapi bagi kami, keluarga - keluarga dan warga yg memang tinggal di sekitar kampus, kampus UGM adalah kampung halaman, tempat bermain, tempat bereksplorasi. Bagi anak - anak kecil di masa itu, Gedung - gedung baru itu arena bermain labirin yang tak habis dijejalahi, hutan - hutan laboratorium yg tersebar di kampus dijadikan tempat main perang - perangan. Habis menonton film November 1828, hutan itu jadi tempat perang - perangan gerilya anak - anak SD," kenang Anies.

Menurut Anies, kampus (UGM - red) itu terbuka, kampus itu bisa diakses oleh semua karena kampus itu milik rakyat.

"Kampus itu memang bukan milik satu orang, bukan milik kita, saat itu semua masih sadar bahwa lahan sestrategis itu, kampus sebesar itu adalah dari pemberian dan dari kemurahan hati seorang visioner, negarawan dan pengayom: Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubowo IX," imbuhnya.

Kemudian Anies juga mengungkapkan bahwa dirinya masuk ke Fakultas Ekonomi UGM pada tahun 1989. 

Menurutnya, pembelajaran di ruang kuliah, dan di luar ruang kuliah menjadi pelajaran yang hikmahnya mengalir tanpa henti hingga sekarang.

"Pada masa kuliah inilah gemblengan pengalaman membekas hingga kini. Pergolakan ide tentang keterbukaan, tentang demokrasi dihadapkan dengan kondisi represif era Orde Baru. Kita bersyukur bahwa ambil rute repot, rute perjuangan, berada di sisi pendorong perubahan, bersama dalam angkatan mahasiswa yang berdiri tegak menyuarakan dan memperjuangkan perubahan," jelas Anies.

Dalam unggahan tersebut, Anies mengatakan bahwa dirinya langsung membuka handpone guna memutar kembali Hymne Gadjah Mada sambil melihat beberapa foto kenangan semasa kuliah.

"Tiap kata membawa pesan... Siang ini tiap kata dalam hymne ini disimak lagi... Bakti kami mahasiswa Gadjah Mada semua," sebutnya.

"Kuberjanji memenuhi panggilan bangsaku

Di dalam Pancasilamu jiwa seluruh nusaku

Kujunjung kebudayaanmu kejayaan Indonesia

Bagi kami almamater kuberjanji setia

Kupenuhi dharma bakti tuk Ibu Pertiwi

Di dalam persatuanmu jiwa seluruh bangsaku

Kujunjung kebudayaanmu kejayaan Nusantara," bunyi hymne UGM.

"InsyaAllah, kita semua yang pernah merasakan pendidikan dari negara akan terus mendarmabaktikan ilmunya untuk Ibu Pertiwi...Teruslah dan tetaplah jadi kampus penumbuh kepedulian pada sesama, pada kenyataan di masyarakat, dan yang terdepan dalam pengembangan ilmu, serta yang mengembangkan semua potensi civitas akademika.. Selamat Dies Natalis Universitas Gadjah Mada..," tutup Anies.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan potret kenangan Anies Baswedan tersebut telah disukai lebih dari 60 ribu likes dan tuai lebih dari 4 ribu komentar dari warganet.

"Angkatan 89? Brarti, saya dan Pak Gub pernah sama2 bareng Jum'atan dan Tarawih di Gelanggang Mahasiswa UGM...  Karena saya termasuk jama'ah di sana, antara 89 - 92...," sebut Muhammad Yahya.

"UGM pasti bangga punya mahasiswa kaya pak anis," Ainul Yakin

"Ganteng dari muda pak nikmat mana yng di dusta kan," ujar Chayra Khirani Zahra

"Dari remaja sudah kelihatan Smart dan humanis.. hubungan sosialnya baik.. Ini UGM tulen loh," kata Yuliana Toska.

"Kenapa sich...pak Anis dri dlu sampe sekarang masih keren ajh...cerdas lagi...apa ng´ bosan...??? Barakallahu Pak Anis," sebut Fauzan Sholeh.

"Sebagai alumni angkatan 91  dan putra saya juga baru lulus FEB UGM saya mengucapkan selamat Dies natalis UGM yg ke 71 , saya juga mendoakan pak Anies semoga thn 2024 bisa menjadi Presiden RI - 1. Aamiin," tulis Carsim Sopandi.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…