Selasa, 17 September 2024|Jakarta, Indonesia

Jaga Lingkungan Hidup, ANTAM Raih PROPER 2020

Krishna Anindyo

Senin, 21 Desember 2020 - 12:15 WIB

Ilustrasi Pekerja Antam (ist)
Ilustrasi Pekerja Antam (ist)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) dengan bangga mengumumkan bahwa Perusahaan kembali meraih Peringkat PROPER atas kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup tahun 2019 - 2020. ANTAM meraih 1 peringkat Hijau dan 6 Peringkat Biru dalam Peringkat PROPER 2020 yang dilaksanakan secara virtual.

"Peringkat PROPER yang diraih oleh unit bisnis dan entitas anak ANTAM merupakan refleksi atas komitmen Perusahaan untuk terus berupaya memenuhi standar pengelolaan lingkungan dan pelaksanaan tanggung jawab sosial untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi. Di tengah tantangan Covid - 19 yang terjadi di tahun 2020 ini, ANTAM secara konsisten melaksanakan good mining practices dengan melakukan penyesuaian operasi sesuai protokol kesehatan, berpartisipasi dalam program corporate social responsibilty dalam penanganan pandemi Covid-19 dan bencana alam yang terjadi di beberapa area di Indonesia, serta akan terus berupaya untuk terus menjaga kualitas lingkungan hidup demi keberlanjutan Perusahaan," tutur Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, Hartono melalui keterangan yang diterima redaksi pada Senin (21/12).

Peringkat PROPER Hijau diraih melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas. Diraihnya Peringkat PROPER Hijau ini menunjukkan ANTAM senantiasa meningkatkan efektifitas pengelolaan lingkungan dengan tidak hanya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Melalui beberapa upaya lain (beyond compliance) seperti efisiensi energi, penurunan emisi, melakukan inovasi pengelolaan limbah, menjaga keanekaragaman hayati, perencanaan pascatambang yang baik serta pengelolaan program Corporate Social Responsibility  yang menambahkan penilaian penanganan pandemi Covid-19 dan bencana alam.

Sebelumnya, atas pelaksanaan good mining practices, Unit Bisnis Pertambangan Emas juga meraih Trophy dan peringkat Aditama dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral karena dinilai telah melakukan kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral.

Sementara itu, ANTAM meraih 6 Peringkat PROPER Biru melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat, serta anak usaha PT Cibaliung Sumberdaya dan PT Gag Nikel. Perolehan Peringkat Biru menunjukkan perusahaan telah melaksanakan pengelolan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundangan.

Peringkat PROPER merupakan program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…