Minggu, 08 September 2024|Jakarta, Indonesia

Donorkan Darah Plasma Konvalesen, Warganet Puji Habis-habisan Gubernur Anies!

Candra Mata

Jumat, 15 Januari 2021 - 08:35 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan Donor Darah Plasma
Gubernur Jakarta Anies Baswedan Donor Darah Plasma
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta  Anies Rasyid Baswedan mengunggah beberapa potret dirinya saat sedang melakukan donor darah plasma konvalesen di kantor PMI DKI Jakarta.

"Saya baru saja selesai donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta di Kramat Raya," kata Anies seperti dilansir redaksi Thepresidentpost.id dari laman Facebook miliknyapada Kamis malam (14/1/2021).

Menurutnya, sebagai penyintas COVID - 19, dirinya sangat bersyukur sekali, karena telah bisa berkumpul bersama keluarga.

Tapi pada saat yang bersamaan, sebut Anies, masih ada saudara - saudara (masyarakat - red) yang terpapar COVID - 19 dan sedang dirawat di rumah sakit. 

"Dengan donor plasma konvalesen kita bisa membantu agar mereka segera sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga," imbuhnya.

Dalam unggahan tersebut, Anies juga menjelaskan bahwa para pendonor di Ibu Kota akan difasilitasi dengan optimal, hal tersebut karena Unit Transfusi Darah (UTD) PMI DKI Jakarta telah menerima mandat sebagai penyedia plasma konvalesen bagi pasien COVID - 19 sejak Juni 2020 lalu. 

"Bagi teman - teman penyintas COVID - 19, mari kita bantu saudara - saudara kita agar merasakan apa yang kita rasakan saat ini, bisa kembali bersama keluarganya," katanya.

"Hanya dengan setengah jam anda datang ke PMI, seumur hidup siapapun akan terselamatkan. Kami mengundang semuanya untuk menjadi donor plasma konvalesen," imbau Anies.

Selain itu, Anies juga menyampaikan beberapa kriteria khusus yang perlu diperhatikan bagi para pendonor konvalesen, antara lain; 

a). Pernah terdiagnosis konfirmasi COVID - 19 (hasil swab PCR dan/atau swab antigen positif).

b). Telah bebas gejala COVID - 19 (demam/batuk/sesak/diare) sekurang - kurangnya 14 hari.

c). Usia 18 - 60 tahun.

d). Disarankan Laki - laki, dan wanita yang belum pernah hamil.

e). Berat badan minimal 55 kilogram. 

f). Tidak memiliki penyakit yang berat (gagal ginjal, jantung, kanker, kencing manis, darah tinggi tidak terkontrol).

"Bagi calon pendonor plasma konvalesen yang ingin berkontribusi di DKI Jakarta bisa menghubungi nomor PMI DKI Jakarta di 021 - 390 6666 serta email untuk layanan pelanggan di info@utdpmidkijakarta.or.id," pungkas Anies.

Hingga berita ini diturunkan, potret unggahan Anies menjalankan donor darah plasma konvalesen telah menuai ribuan komentar pujian dari para warganet.

"Masyaa Allah.....tabarakallahu pak Anies Baswedan...smg sll sehat n dlm lindungan Allah azza wa jalla beserta keluarga n staffnya.....Aamiin," tulis Carla Carasiva.

"Barakallah pak Anies..terima kasih pak, semoga d ikuti pejabat lain..sehat selalu pak," kata Ida Hazali.

"Alhamdulillah ...pemimpin teladan,.sehat slalu bang Anies..Aamiin," ucap Halim.

"Wah A, sama kita pak golongan darah nya," ucap Volta Irwan.

"Selamat pak anis, dan terima kasih untuk donor plasma darahnya semoga berguna untuk pasien covid yg sudah di ICU dan kritis. Sayang saya donor plasma nya kemarin, jd gak ketemu deh. Mgkn dpt dibantu ditambahkan unit alat untuk donor plasma ini pak, di PMI kramat cuma ada 3 unit," sebut Bobi Ferdyan.

"Saya ingin berpartisipasi ,tapi karena Saya dulu OTG ( saat terkonfirmasi positif covid) jadi dianggap tidak memenuhi syarat, jadi tidak bisa berpartisipasi. Karena dianggap imunitasnya rendah," ungkap Muchty Zarlynda.

"Pak usul semua pasien yang sudah sembuh di wisma atlet sebelum pulang diminta donor dulu pak," sebut Puspita Sari.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…